Senin, 14 Januari 2013

Negara Bagian Malacca

Malaka adalah negara terkecil ketiga setelah Malaysia Perlis dan Penang. Hal ini terletak di wilayah selatan Semenanjung Melayu, di samping Selat Malaka. Ini berbatasan dengan Negeri Sembilan ke utara dan ke selatan Johor. Ibukotanya adalah Kota Malaka, yang merupakan 148 km sebelah selatan timur dari Malaysia ibukota Kuala Lumpur, 235 km sebelah utara barat ke kota terbesar Johor Johor Bahru, dan 95 km sebelah utara barat ke kota terbesar kedua Batu Pahat Johor. Ini pusat kota bersejarah telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 7 Juli 2008.

Meskipun itu adalah lokasi dari salah satu kesultanan Melayu awal, monarki dihapuskan ketika Portugis menaklukkannya pada tahun 1511. Kepala negara adalah Yang Dipertuan Negeri Negeri atau Gubernur, bukan Sultan.

Negara bagian Malaka meliputi area seluas 1.664 km2 (642 sq mi) Negara ini dibagi menjadi 3 kabupaten:. Tengah Malacca (Melaka Tengah) (314 km ²), Alor Gajah (660 km ²), dan Jasin (676 km ² ). Malaka duduk di atas pantai barat daya Semenanjung Melayu Sumatera berlawanan, dengan keadaan Negeri Sembilan di utara dan Johor ke timur. Malaka terletak sekitar dua-pertiga dari jalan ke pantai barat, 148 km sebelah selatan dari Kuala Lumpur, ibukota Malaysia dan 245 km sebelah utara dari Singapura dan perintah posisi sentral di Selat Malaka. Ibukota negara adalah Kota Malaka. The lepas pantai Pulau Besar, Pulau Upeh dan eksklave Tanjung Tuan juga merupakan bagian dari Malaka.

Malaka telah diadopsi sebagai slogan, "Berarti Wisata Wisata Malaka Malaysia" ("Melawat Melaka Bererti Melawati Malaysia"). Daerah industri yang berpusat di sepanjang tepi kota yang tepat di pinggiran kota yang meliputi Batu Berendam, Cheng, Ayer Keroh dan Tasik Utama, sementara di luar Malaka industri daerah kota termasuk Alor Gajah.

Pada tanggal 21 Oktober 2010 acara yang digelar untuk mengumumkan bahwa Malaka telah memenuhi patokan 'Dikembangkan Negara' seperti yang ditetapkan oleh OECD Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan dan deklarasi "Melaka Maju 2010" dibuat oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Abd RazakMelaka Maju 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar